Thursday, November 29, 2012

Hello Goodbye


Title : HelloGoodbye
Author : Ayu Widya
Publisher : Qanita
Pages : 160
Rate : 4/5
Kini, aku yakin dimana titik awal itu. Di sini. Di tempat pertama kali aku melihat dia. Mungkin sekaligus tempat terakhir kali aku bisa melihatnya. Jadi, bagaimana aku harus menyapanya saat aku berdiri di titik akhir sekaligus titik awal ini? Hello? Goodbye? 
Hidup adalah rangkaian persimpangan, tempat manusia bertemu dan berpisah
Indah, seorang diplomat yang bertugas di KBRI Korea. Dia menikmati kesendiriannya. Tanpa ikatan, tanpa teman. Kala sebuah tugas mewajibkannya menjaga Abi, seorang pelaut Indonesia yang jatuh sakit di Korea, Indah keberatan. Apalagi Abi seorang pria yang menyebalkan, rewel, susah didekati, dan banyak tuntutan. Indah melakukan tugasnya setengah hati. Mencatat kondisi kesehatan Abi, berkonsultasi dengan dokter, dan mengawasi asupan obatnya. Bisa dibilang Indah sebagai Babysitter Abi yang tak mau mendengar semua saran dari dokter dan dirinya. Seakan pria itu memang ingin mati.

Indah tak sabar menunggu kedatangan kapal yang akan membawa Abi pergi dari hidupnya. Namun, lambat laun, kedua hati yang beku itu meleleh. Memunculkan luka-luka yang tersembunyi. Luka-luka yang kemudian mereka bagi dalam kesunyian. Dan tatkala hati mulai tertambat, perpisahan pun tak terelakkan... Akankan hidup mereka bersimpangan kembali? Ataukah perjumpaan mereka hanyalah persimpangan sementara yang takkan kembali?


Berhubung di cover belakangnya udah menjelaskan cerita, saya cuma mau kasih pendapat aja tentang buku ini. Hehe.

Nggak nyesel saya beli buku ini pas kemarin ada Indonesia Book Fair di Senayan. Hehe. Ceritanya begitu mengalir, bagus, dan menimbulkan kesan yang dalam (Apasih? :D ). Temanya klise tapi ceritanya bener-bener beda. Tentang dua orang yang dipertemukan takdir. Dari saling membenci, lalu membutuhkan dan ingin bersama. Jenis cinta yang nggak harus diungkapkan dengan pernyataan "I love you". Karena sepanjang cerita nggak ada kalimat itu satu pun. Whoaaaa, I love it!! Penulis bener-bener ngasih bahan bacaan yang beda dengan bahasanya yang halus dan mengalir. 

Berhubung ini novel adaptasi yang pemerannya udah jelas, jadi saya nggak perlu repot-repot mengembangkan imajinasi saya. Ehehe. Banyak quote yang saya suka dari buku ini. 
Saat ini kapal-kapal kami merapat di pelabuhan yang sama, tapi entah sampai kapan kami tetap bersama. Dunia ini sebuah samudera yang mahaluas, dan kapal-kapal berseliweran, berpotongan jalan. Kadang hanya bersimpangan tanpa kontak, kadang hanya membunyikan peluit, tetapi kadang juga sempat berlabuh di pelabuhan yang sama. Namun, semua hanya sementara, semua kapal punya tujuan yang ingin mereka capai. Bagaimana dengan aku?
Terlalu fokus sama tujuan suka bikin kita lupa nikmatin perjalanan. Menikmati perjalanan. Bagaimana kau bisa menikmati perjalanan kalau perjalanan itu bisa membuatmu melupakan tujuan? Tujuan yang sudah kau cita-citakan sejak dulu?

Kalo nge-rate di Goodreads, saya kasih 4/5.. Suka bangeeeeeeeet buku ini. Dengan baca buku ini saya udah bisa bayangin gimana filmnya. Haruss nonton! Hehe. 


No comments: