Saturday, December 24, 2011

Winter In Tokyo

Tetangga baruku, Nishimura Kazuto, datang ke Tokyo untuk mencari suasana yang berbeda. Itulah katanya, tapi menurutku alasannya lebih dari itu. Dia orang baik yang, menyenangkan, dan bisa diandalkan.
Perlahan-lahan mungkin sejak malam itu - aku mulai memandangnya dengan cara yang berbeda. Dan sejak itu pula rasanya sulit membayangkan hidup tanpa dia.
Keiko tentang Kazuto

Sejak awal aku sudah merasa ada sesuatu yang menarik dari Ishida Keiko. Segalanya terasa menyenangkan bila dia ada. Segalanya terasa baik bila dia ada. Saat ini didalam hatinya masih ada seseorang yang ditunggunya. Cinta pertamanya. Kuharap dia bisa berhenti memikirkan orang itu dan mulai melihatku. Karena hidup tanpa dirinya sama sekali bukan hidup.
Kazuto tentang Keiko.

Mereka pertama kali bertemu diawal musim dingin di Tokyo. Selama sebulan bersama, perasaan baru pun terbentuk. Lalu segalanya berubah ketika suatu hari salah seorang dari mereka terbangun dan sama sekali tidak mengingat semua yang terjadi selama sebulan terakhir, termasuk orang yang tadinya sudah menjadi bagian penting dalam hidupnya.

Let's review ;)
Novel ini settingnya di Jepang. Satu lagi novel bersetting negeri Sakura yang pesonanya digilai masyarakat Indonesia. :)

Ceritanya tentang Keiko dan Kazuto yang bertetangga dan berhubungan baik. Mereka sering bercerita satu sama lain tentang hidupnya, layaknya seorang sahabat. Keiko mempunyai cinta pertama yang tak pernah bisa dilupakannya karena telah menemukan kalung berinisial namanya pemberian dari nenek Keiko. Tiga belas tahun yang lalu. Tapi Keiko masih mengingatnya dengan jelas, walaupun dia tidak sempat berkenalan, hanya mengetahui namanya saja dari Naomi, saudara kembarnya yang sekarang menjadi model terkenal dan tinggal di London.

Kazuto dan Keiko sering menghabiskan waktu luang mereka bersama-sama atau bahkan dengan penghuni apartemen lainnya. Kazuto pun merasa tujuannnya datang ke tokyo untuk melupakan seseorang hampir tercapai. Dan pada suatu hari Keiko bertemu dengan cinta pertamanya secara kebetulan, yang sudah menjadi seorang dokter - Kitano Akira. Begitu senangnya, Keiko bercerita kepada Kazuto. Singkat cerita, Kitano Akira ini ternyata teman sekolah Kazuto. Tapi Kazuto enggan menceritakannya kepada Keiko.
Lama-lama ia merasa tidak senang dengan kedekatan Akira dan Keiko.

Suatu waktu, pas Kazuto pulang dari minum-minum sama Tomoyuki, mereka mendapati Haruka sedang diganggu oleh laki-laki bertubuh besar dan punya tampang tukang pukul. Karena nggak bisa diajak ngomong baik-baik, akhirnya Kazuto menghajar laki-laki itu. Namun, siapa sangka kalau laki-laki yang ia hajar ini suatu saat akan membalas perbuatannya dan membuat Kazuto hilang ingatan. Dan siapa sangka juga, kalau laki-laki ini adalah saudara Kitano Akira? Kazuto benar-benar kehilangan ingatannya, dan ia tak mau repot-repot mengingat kehidupannya selama sebulan ini di Tokyo. Untuk apa? Pasti tidak ada peristiwa yang penting selama ia di Tokyo. 

Kehilangan kabar Kazuto membuat Keiko gusar. Ia bingung karena Kazuto tidak pernah menghubunginya lagi. Ia bingung harus mencari Kazuto kemana. Mungkin Kazuto sudah melupakannya. Keiko kaget saat ia bertemu seseorang yang sangat mirip Kazuto dan ia pikir itu memang Kazuto, di pesta reuni Akira. Setelah mereka bertemu kembali, ada Yuri -cinta pertama Kazuto yang menjadi alasan pria itu meninggalkan Amerika dan menyinggahi Tokyo. Semuanya jadi rumit dan runyam.


Hmm, novel ini ceritanya khas cerita Korea sepertinya. Hehe. Ceritanya bagus, alurnya mudah diikuti dan bahasanya juga enak walaupun sedikit baku - kayak baca terjemahan di film-film Korea. Bener-bener kisah cinta yang romantis tapi juga nggak terlalu muluk-muluk. Pokoknya harus baca novel ini. Novel Winter In Tokyo ini salah satu rangkaian buku Ilana Tan. 3 buku yang lainnya adalah Autumn In Paris, Spring In London dan Summer In Seoul. Buku yang lainnya juga nggak kalah bagus. Makanya nggak heran kalau buku-buku tersebut bisa kamu temuin di rak best seller. Hehe.


So, Apa Kazuto bisa inget lagi sama Keiko? A must read buat para pembaca yang suka setting negeri Sakura itu. :)

No comments: